26 November 2012

Perbedaan Antara Qadha dan Qadar

http://www.alkul.com/online/2012/11/1/5/__online.jpgBismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah swt. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi dan teladan kita Muhammad saw. kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, sampai hari pembalasan.

Ikhwah dan teman-teman pembaca budiman...kali ini kita akan sedikit membahas tentang perbedaan antara Qadha (قضاء) dan Qadar (قـدر) dengan maksud mudah-mudahan bisa menambah wawasan dan pemahaman aqidah kita. Amiiiiin....

Ulama' berbeda pendapat dalam masalah perbedaan antara Qadha dan Qadar. Setidaknya terbagi dalam dua kelompok pendapat.
Kelompok pertama, mereka berpendapat bahwa tidak ada perbedaan antara Qadha dan Qadar karena setiap dari keduanya memiliki makna yang sama dalam penggunaannya dalam kalimat. Apabila salah satu dari keduanya disebutkan maka itu juga meliputi yang lain, dan inilah pendapat yang kuat menurut ulama' karena beberapa hal:
  • Orang yang membedakan antara keduanya, mereka tidak memiliki dalil yang jelas dari Qur'an maupun Sunnah yang membahas secara rinci hal ini.
  • Penggunaan salah satu dari keduanya dalam kalimat yang sama menunjukkan tidak adanya perbedaan antara ke-2nya.
  • Bahwasanya tidak ada manfaat dalam membedakan kedua kata itu karena sudah disepakati bahwa jika disebutkan salah satunya berarti meliputi yang lain, dan juga tidak adanya larangan dalam menyamakan keduanya.
Kelompok kedua, mereka yang membedakan antara Qadha dan Qadar, namun kelompok ini sendiri berbeda dalam menjelaskan perbedaan Qadha dan Qadar ini dan tidak adanya pendapat yang menarik kecuali pendapat yang mengatakan...
"bahwasanya Qadha itu sesuatu yang telah terjadi, dan apa-apa yang belum terjadi itulah Qadar"

Wallahu a'lam...

Note: Qadha' (keputusan) Qadar (takdir/ketetapan)
Sumber